Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 13

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah
Surat Madaniyyah; Surat Ke-2 : 286 ayat
tulisan arab surat albaqarah ayat 13“Apabila dikatakan kepada mereka: ‘Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman. Mereka menjawab: ‘Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang bodoh itu telah beriman’. Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu.” (QS. 2:13)
Allah Swt. berfirman, apabila dikatakan kepada orang-orang munafik, “Berimanlah kalian sebagaimana orang-orang beriman,” yakni seperti keimanan manusia kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, adanya kebangkitan setelah kematian, surga, neraka, dan lain-lainnya yang telah diberitahukan kepada orang-orang yang beriman. Dan juga dikatakan, “Taatilah Allah dan Rasul-Nya dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.” Maka mereka pun mengatakan, ‘Apakah kami harus beriman sebagaimana orang orang yang bodoh telab beriman. “Yang mereka maksudkan di sini adalah para sahabat Rasulullah . Demikian menurut pendapat Abu al-‘Aliyah, as-Suddi dalam tafsirnya, dari Ibnu Abbas dan Ibnu Masud serta beberapa orang sahabat. Hal yang sama juga dikatakan oleh ar-Rabi’ bin Anas, Abdurrahman bin Zaid bin Aslam, dan lain-lainnya. Orang-orang munafik itu mengatakan, “Apakah kami dan mereka harus berada dalam satu kedudukan, sementara mereka adalah orang-orang bodoh?” kata “as-sufaHaa-u” adalah jamak dari seperti kata “safiiHu” seperti kata “al-hukamaa-u” adalah jamak dari “hakiimun”.
“Makna sufaha adalah bodoh dan kurang (lemah) pemikirannya serta sedikit pengetahuannya tentang hal-hal yang bermaslahat dan bermudharat.
Dan Allah Tabaraka wa Ta’ala telah memberikan jawaban mengenai semua hal yang berkenaan dengan itu kepada mereka melalui firman-Nya, alaa innaHum sufaHaa-u; (“Ingatlah sesungguhnya mereka itulah orang orang yang bodoh.”)
Dan Dia menegaskan kebodohan mereka itu dengan firman-Nya, “Tetapi mereka tidak mengetahui. ” Artinya, di antara kelengkapan dari kebodohan mereka itu adalah mereka tidak mengetahui bahwa mereka berada dalam kesesatan dan kebodohan. Dan yang demikian itu lebih menghinakan mereka dan lebih menunjukan mereka berada dalam kebutaan dan jauh dari petunjuk.


EmoticonEmoticon