Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 88

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah
Surat Madaniyyah; Surat Ke-2 : 286 ayat
tulisan arab surat albaqarah ayat 88“Dan mereka berkata: ‘Hati kami tertutup.’ Tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; maka sedikit sekali mereka yang beriman.” (QS. Al-Baqarah: 88)
Mengenai firman Allah: “wa qaaluu quluubunaa ghulfun”, Muhammad bin Ishak mengatakan, “Artinya berada di tempat tertutup.”
Masih mengenai ayat yang sama, dari Ibnu Abbas, All bin Abi Thalhah mengatakan, “Artinya hati mereka itu tidak dapat memahami”.
Bal la-‘anaHumullaaHu bikuf-riHim (“Namun sebenarnya Allah melaknat mereka karena kekafiran mereka.”) Artinya, Allah mengusir dan menjauhkan mereka dari segala macam kebaikan. Fa qaliilam maa yu’minuun (“Maka sedikit sekali di antara mereka yang beriman.”) Qatadah mengatakan, “Artinya, tidak ada dari mereka yang beriman kecuali sedikit sekali.”
Para mufassir masih berbeda pendapat mengenai firman Allah “Fa qaliilam maa yu’minuun” dan firman-Nya “falaa yu’minuuna illaa qaliilan” ada yang mengatakan, “Hanya sedikit sekali dari mereka yang beriman.” Tetapi ada juga yang mengartikan, sangat sedikit sekali iman mereka, dengan pengertian, mereka beriman kepada apa yang dibawa oleh Nabi Musa as. berkenaan dengan hari kebangkitan, pahala, dan adzab, tetapi keimanan mereka itu tidak memberikan manfaat kepada mereka, karena keimanannya itu telah tertutup oleh kekufuran mereka terhadap apa yang dibawa Muhammad. Wallahu a’lam.


EmoticonEmoticon