Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 6

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah
Surat Madaniyyah; Surat Ke-2 : 286 ayat
tulisan arab surat albaqarah ayat 6“Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.” 2:6)
Allah Ta’ala berfirman: innalladziina kafaruu (“sesungguhnya orang-orang kafir,”) yaitu orang-orang yang menutupi kebenaran dan menyembunyikan-Nya. Dan Allah swt. telah menetapkan hal itu bagi mereka, baik diberikan peringatan maupun tidak, maka mereka akan tetap kafir dan tidak mempercayai apa yang engkau (Muhammad saw.) bawa kepada mereka.
Kalimat di sini berarti “ketetapan”. Maksud ayat ini adalah orang-orang yang telah ditetapkan Allah dalam Lauhul Mahfuzh bahwa mereka akan mati dalam keadaan kafir, selamanya tidak akan beriman.
Sebagaimana Dia telah berfirman yang artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Rabb-niu, tidaklah akan beriman, meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, sehingga mereka menyaksikan adzab yang pedih. ” (QS. Yunus: 96-97).
Maksudnya, orang yang ditetapkan oleh Allah A hidup dalam kesengsaraan, maka ia tidak akan pernah merasakan kebahagiaan, dan orang yang disesatkan-Nya, maka ia tidak akan pernah mendapat petunjuk. Maka janganlah biarkan dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka, dan sampaikanlah risalah (Islam) kepada mereka.


EmoticonEmoticon