Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 29

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah
Surat Madaniyyah; Surat Ke-2 : 286 ayat
tulisan arab surat albaqarah ayat 29“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menuju) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit Dan Dia Mahamengetahui segala sesuatu.” (QS. 2:29)
Seusai menyebutkan dalil-dalil berupa penciptaan umat manusia dan apa yang mereka saksikan dari diri mereka sendiri, Allah juga menyebutkan dalil lain yang mereka saksikan berupa penciptaan langit dan bumi, maka Ia berfirman, Dia-lah Allah yang menciptakan segala yang ada dibumi untuk kamu, kemudian Dia berkendak menuju langit, lalu Dia jadikan tujuh langit.” Artinya, menuju langit. Kata istawa’ dalam ayat di atas mengandung makna “berkehendak ” dan “mendatangi “, karena menggunakan kata sambung “ilaa.”
Fasawwaa Hunna; maksudnya, “lalu Dia menciptakan langit, tujuh lapis.” As-samaa-u (“langit,”) di sini adalah isim jinsi.
Oleh karena itu, Dia berfirman: fasawwaa Hunna sab’a samaawaati (“lalu Dia menciptakan langit, tujuh lapis.”) wa Huwa bikulli syai-in ‘aliim (“Dan Dia Mahamengetahui segala sesuatu”) artinya ilmu Allah itu meliputi segala sesuatu yang Dia ciptakan, sebagaimana firman-Nya: “Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui [apa yang kamu tampakkan dan apa yang kamu sembunyikan].”)(al-Mulk: 14). Penjelasan rinci tentang bahasan ini terdapat pada surah as-Sajdah.
Mengenai firman Allah: Huwal ladzii khalaqa lakum fil ardli jamii’an (“Dia lah Allah yang menciptakan segala sesuatu di bumi untuk kamu.”) Mujahid mengatakan Allah menciptakan bumi sebelum langit, dan seusai menciptakan bumi membumbung asap darinya [bumi], dan itulah makna firman-Nya: tsummastawaa ilas samaa-i wa Hiya dukhaanun (“Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih berupa asap.”) (Fushshilat: 11)
fasawwaa Hunna sab’a samaawaati (“lalu Dia menciptakan langit, tujuh lapis.”) Mujahid mengatakan: sebagian langit di atas sebagian lainnya. Dan tujuh bumi, yakni sebagian bumi di bawah bagian bumi lainnya.


EmoticonEmoticon